2/24/2010

Kamus Musik


Istilah-istilah musik sangat jarang sekali dipahami oleh beberapa pemain musik ataupun bahkan beberapa orang yang expert dibidangnya (akademisi), beberapa kecenderungan pemain musik dalam memainkan sebuah karya hanya terbatas oleh tingkat kesulitannya (teknik) saja tanpa melihat bagaimana cara memainkannya dan bagaimana pembawaan sebuah lagu sehingga pesan dalam lagu (karya) tersebut tersampaikan kepada pendengar. Hal itu terkait dengan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya istilah musik dan teori musik yang merupakan salah satu hal penting yang tidak dapat dianggap sebelah mata saja karena musik juga merupakan dari ilmu pengetahuan.

Disini bukan berarti istilah-istilah dan teori musik menjadi hal yang sangat utama melainkan sebagai pendukung untuk mempermudah dalam memainkan ataupun memahami musik itu sendiri, sebagai contoh bagaimana memainkan sebuah nada yang mendapat tekanan (Lihat Gambar)

nampak pada gambar tanda ( ^ ), tekanan pada nada tersebut memberikan efek atau pengaruh yang sangat kuat sehingga ketika ketika dimainkan dalam not seper 16 terasa seperti memiliki penggalan nafas dalam sebuah phrase (kalimat). Berikut merupakan salah satu situs istilah-istilah musik yang cukup lengkap dan mudah di pahami.

Virginia Tech Multimedia Music Dictionary

Biarpun masih banyak situs on-line yang lain tapi situs ini menurut saya paling mudah dan tidak ada hal-hal lainnya (iklan). Semoga Kamus istilah musik ini membantu para pecinta musik tanah air yang semakin berkembang dan memiliki apresiasi yang cukup tinggi dalam bidang pengetahuan musik.

No comments: