4/09/2010

Sebuah Perjalanan Kecil

"Didalam kereta sancaka sore"

Sudah tujuh tahun lamanya perjalanan Surabaya menuju Jogjakarta ataupun sebaliknya dengan kereta Sancaka ini. Tak terasa waktu berlalu dan berapa uang yang harus dikeluarkan, kadang terlupakan.

Berbagai hal dan kejadian-kejadian telah kulalui bersama kereta ini, mulai dari hal-hal lucu, aneh, pertemuan pada pandangan pertama sampai hal mengerikan. Pernah suatu ketika terjadi kecelakaan, kereta sancaka yang saya tumpangi menabrak seseorang, entah orang itu gila atau sengaja menabrakkan diri. Sehingga kereta terpaksa harus berhenti untuk melihat kondisi orang tersebut dan ternyata diketahui telah meninggal dunia kemudian membawa jenazah tersebut kedalam kereta.

Kereta ini juga mengingatkan sebuah kisah romantis yang indah, ketika pacar saya (mantan) datang kejogja tuk menjenguk diriku. Dengan segala rasa rindu yg membuat hati saya berdebar menunggu kedatangannya hingga tak sanggup tuk menantinya datang terlambat sedikitpun. Dengan kereta ini pula kami berdua pulang menuju surabaya yang kebetulan tempat lahir kita berdua.

Wajah demi wajah silih berganti dalam sebuah gerbong kereta, tatapan dan sorotan mata tak pernah lepas dari indra penglihatan yg masih terekam jauh dalam sel-sel otak ingatan diri ini. Kadang perjalanan ini menjadi sesuatu yang sangat menjemukan, menunggu dan menunggu menjadi hal yang membuat saya bosan dan terpaksa memaksakan diri untuk menutup mata sampai kota tujuan.

...........................

di stasiun balapan Solo

“Sekitar 2 jam lagi perjalanan menuju Jogjakarta, makin membuat pikiran ini resah, gundah, dan gelisah. Masih banyak yang harus dikerjakan dijogja dan harus terselesaikan dalam waktu dekat ini”

Menatap keluar jendela kereta, melihat pemandangan yang hijau cukup menghibur dalam perjalananku. Walau tak semua pemandangan dapat kunikmati karena malam hari tetapi memberikan sebuah kerinduan dalam hati.

Sampai kapankah perjalananku bersamamu keretaku....
Ingin kuganti langkahmu dijalan beraspal dan berliku....
Masihkah kita melanjutkan perjalanan ketempat yang berbeda....


Keretaku Sancaka Surabaya-Jogja.

2 comments:

depalpiss said...

Haloo sob! berkunjung! Nice story sob!, mang tinggal di jogja yah! Nyokap w juga dari Jogja sob! Tepatnya di wonosari!

Saiful said...

Matur nuwun sob.. iya kebetulan aja djogja
berkunjung juga ketempatmu!
meluncur..